Langsung ke konten utama

BELAJAR MICROSOFT ACCESS

1 PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Sistem Komputer telah berkembang sangat pesat dalam waktu 10 tahun terakhir. Fungsinya pun telah meluas, bahkan hampr seluruh aspek kehidupan kita telah terkena pengaruhnya. Sebagai contoh, keberadaan PC di rumah-rumah sudah hamper menjadi kebutuhan. Sebagai contoh saat ini setiap organisasi atau perusahaan baik itu skala kecil, menengah maupun besar sudah menggunakan sistem informasi untuk membantu kegiatan operasionalnya. Bagi perusahaan skala menengah dan besar, mereka biasanya sudah menggunakan aplikasi berbasis pada database sehingga mempermudah dalam pencarian dan pemanfaatan informasi yang dipunyai.
Pada umumnya perusahaan-perusahaan kecil, menengah maupun besar masih menggunakan database. Sebagai contoh Microsoft access yang digunakan oleh staf accounting, gunanya untuk penerimaan dan merekap data penjualan, mencatat pengeluaran dan pemasukan perusahaan tersebut.
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC (Open Database Connectivity). Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
1.2              Batasan Masalah
Penelitian ini membahas perancangan dan pembuatan REPORT, TABEL, FORM dan MACROS.
1.3              Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah report yang nantinya akan digabungkan dengan form yang sudah dibuat. Selain itu pada penelitian ini ialah merancang macros dan switchboard.
1.4              Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan ini di bagi menjadi 4 bagian, isi per bagian akan dijelaskan secara singkat dalam sistematika penulisan dibawah ini :


1 PENDAHULUAN
Menguraikan pokok persoalan yang terdiri dari latar belakang masalah, masalah dan pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

2 TEORI
Menguraikan teori-teori penunjang yang melandasi penelitian dari berbagai sumber yang bermanfaat untuk pengerjaan suatu penulisan.

3 ANALISIS
Membahas tentang analisis secara detail pemanfaatan dari aplikasi Microsoft Office Access.

4 PENUTUP

Berisi kesimpulan dari hasil yang didapat selama pengerjaan dan saran yang bermanfaat untuk kemajuan penulisan ini kedepannya.


2 TEORI
Pada bagian ini akan dibahas SEJARAH, VERSI, PENGGUNAAN dan FITUR yang terdapat dalam Microsoft Office Access.

SEJARAH
Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte.

Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.

Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).

VERSI

PENGGUNAAN

Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.

Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.

Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC.

FITUR

Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakan sebuah versi mini MAL dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine.

Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya.

Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya, fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access (*.MDB), karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server, ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. Sehingga, dengan menggunakan ADP, adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dan trigger, view, stored procedure, dan UDF). Meskipun demikian, yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah form, report, macro, dan modul, sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut.

3 ANALISIS


MEMULAI MICROSOFT ACCESS 2007


1.      Klik star>Program>Microsoft Access 2007
2.      Klik Blank DataBase
3.      Klik New Folder
4.      Isi Dengan Judul Bodata Karyawan 1>klik OK
5.      Klik Create
MEMBUAT TABEL
1.      Klik TABEL
2.      Klik Create Tabel in Design View
3.      Tekan Enter
4.    Tapi ketika dijendela pertama anda suda klik creat dan anda melihat  dibagian kiri anda,berarti anda tidak perlu membuat table lagi.seteah itu langsung klik design view saja

5.      Setelah itu isi dengan biodata karywan 1>sava as
6.      



7.      Nomor Primary key
8.      Klik File>Save As>Biodata karyawan 1>OK
9.      File close  
MENGISI DATA TABEL
1.      Double klik table biodata karyawan 1
2.      Isi data-datanya sepeti contoh dibawah ini
3.      
4.      Klik file>save
5.      Klik file>close
MEMBUAT FORM
1.      Klik Ceate
2.      Klik Creat Form in Using wizard

3.      Pilih semua >next>columnar>next>finis
4.      Maka hasilnya 

5.      Klik file>save as>form biodata karyawan 1>klik ok

MEMBUAT TAMPILAN FORM
1.      Klik View>design view

2.      Tekan f4
3.      Sesuiakan properties yang muncul
a.      Record selector    : No
b.      Navigation button           : No
c.       Dividing Line       :No

4.      Setelah disamakan klik close
5.      Klik file>save


MODIFIKASI FORM

1.      Klik view>design view
2.      Klik view>form header/footer
3.      Klik sekali lagi view>form header/footer

4.      Pada toobox klik  (Label)
5.      Letakan pada form header
6.      Klik BIODATA 
7.      Tekan tombol ctrl+enter
8.      Ketik KARYAWAN
9.      Klik sembarangklik garisnya
10.  Perbesar hurufnya menjadi 14 point dan letakan ditengah(center)
11.  Pada toolbox
12.  Klik combo box lalu letakan pada form header
13.  Akan muncul jendela combo box. Kemudian ikuti gambar berikut:
a.       Klik find a record on my form …>klik next

b.      Klik NAMA LENGKAP>klik>klik next

c.       Klik next
d.      Ketikan “CARI NAMA KARYAWAN
e.       Klik finis
f.       Lihat hasilnya klik form view

14.  Kembali ke design view
15.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  record navigation>go, to first record>next>go to first 1>finis
16.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  record navigation>go, to previous record>next>go to previous 1>finis
17.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  record navigation>go, to next record>next>go to next 1>finis
18.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  record navigation>go, to last record>next>go to last 1>finis
19.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  record operations>add new record>next>text: TAMBAH>finis
20.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  record operations >delet record>next>text: HAPUS>finis
21.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  record operations >save record>next>text: SIMPAN>finis
22.  Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut:  form operations >close form>next>text: TUTUP>finis
23.  
24.  Atur posisi yang anda inginkan
25.  Klik file>save
26.  Klik view>form view
27.  Klik tombol TAMBAH
28.  Ketikan data-data seperti dibawah ini:
a. 
29.  Seteh itu klik tombol SIMPAN
30.  Klik file>close
REPORT
1.      Klik Creat>Report Wizard> Pilih semua >next
2.      Klik Auto Reports : Tambular
3.      Pilih  > finish
4.      Setelah itu tingal anda design sesuai yang anda inginkan.
5.      Setelah itu pilih report view untuk melihat hasilnya
6.      Klik file>save
7.      HASILNYA

MENGABUNGKAN REPORT KE FORM
1.      Klik Form>Klik Design view
2.      Pada toolbox klik command button>lalu letakan pada Form footer. Kemudian ikuti langkah berikut:
a.       Pilih report operation>preview report>next>klik report biodata karyawan>next>text : REPORT BIODATA>finish.
3.      Atur tombol sebagai berikut : 
4.      Klik view>form view
5.      Klik save
6.      Setelah itu coba anda klik REPORT BIODATA
7.      Close
MACROS
MACROS DATA PASIEN
1.      Klik creat>macros
2.       Klik action pada bagian panah
3.      Klik open form 
4.      Otomatis bagian bawah macro akan terbuka
5.      Pilih form biodata karyawan

6.      Klik file>save as>macro biodata karyawan 1>ok
MACRO KELUAR
1.      Klik creat>macros
2.      Klik action pada bagian pojok ini
3.      Klik closedatabase
4.      Klik file>save as>macro keluar>ok

SWITCHBOARD
1.      Klik  database tools
2.      Klik  switchboard manager
3.      Jika muncul pertanyaan jawab yes 
4.      Maka akan muncul tampilan berikut:

5.      Tekan tombol edit>tekan new
6.      Ketikan seperti gambar berikut:

7.      Klik ok
8.      Klik new
9.      Kemudian ikuti langkah berikut:

10.  Klik ok>close>close
11.  Klik save
12.  Jalankan switchboard


4 PENUTUP

Simpulan
Berdasarkan pada hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa software Microsoft Access ini dapat membantu perusahaan-perusahaan kecil, menengah maupun besar masih menggunakan database. Selain itu dapat membantu untuk melakukan pencarian dan pemanfaatan informasi yang dipunyai.

Saran

Berdasarkan hasil pengujian didapatkan beberapa kekurangan dan saran untuk penyempurnaan aplikasi ini, yaitu database masih bersifat offline. User haru menginput data hanya pada satu PC saja. Disarankan untuk kedepannya bias dikembangkan menjadi online atau di Connectivity dengan database atau aplikasi lain seperti Dhelpi7 atau Microsoft Visual Basic.

5 SUMBER

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Elektronika Dasar

Elektronika dasar Quote: Originally Posted by LAB ELKOM UG Prinsip-prinsip elektronika Komponen elektronika 1. Komponen aktif 2. Komponen pasif Komponen pasif adalah komponen elektronika yang dalam pengoprasiannya tidak memerlukan sumber arus atau tersendiri. Macam-macam komponen pasif: 1. Resistor 2. Kapasitor 3. Transformator atau travo 4. Rellay Quote: Originally Posted by LAB ELKOM UG 1. Resistor adalah suatu komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat arus listrik. Resistor dibagi menjadi dua: Resistor tetap ialah mempunyai hambatan yang tetap sehinga tidak dapat diubah-ubah. Gelang 1 dan 2 berupa angka. Gelang ke 3 merupakan pengalih. Gelang ke 4 merupakan toleransi. Contoh menghitung resistor: Misalnya:Merah hitam kuning coklat 2. Resistor tidak tetap ialah resistor yang nilai hambatannya atau nilai resistansinya dapat diubah-ubah. Jenis resistor tidak tetap ada dua yaitu: 1. Potensio meter 2. Tri

Cara Bermain BNet Gratis daftar ID Server PVPGN

Halo lagi semua, kali ini saya mengposting kembali yaitu juga berhubungan dengan Bnet Warcraft, tetapi kal ini saya memberikan server Gratiss daftar ID juga yang Juga RAMAI, pokoknya Gak kalah serunya dengan Server NusaReborn yang Tidak Gratis deh. Apalagi dengan penyedian Channel QUIZnya yang lagi bosen maen atau Koneksi Internetnya lagi Cadet, ni bisa ngilangin Males dan juga ga perlu koneksi yang Kuat, pokoknya MANTEPS BANGET DEH. ni dia Bn Gatewaynya. Nama Server : OpenGamers PVPGN Zona : 7 IP : dota.opengamers.us Buruan Gabung dan Daftar Langsung di Servernya atau daftar untuk daftar terlebih dahulu masuk ke website ini >>> OPGS Cara daftar : -Klick link OPGS di atas -klick "CREATE ACCOUNT" pada tab disebelah KIRI -Masukkan ID dan Password Sesuai ketentuan, dan sertakan juga Alamat E-Mail anda -Klick "Create New Account" -Buka E-Mail anda dan buka Kotak Masuk dari OpenGamers.us -Pada Isi surat terdapat beberapa

perbedaan antara array satu dimensi dan array dua dimensi,dan program sederhananya

1.apa perbedaan antara array satu dimensi dan array dua dimensi? 2.buar program menu beserta perulangannya! Jawab 1.array satu dimensi adalah kumpulan elemen yang tersusun dalam suatu baris. Array dua dimensi adalah array yang dapat membantu dalam pemrograman apabila array satu dimensi tidak mencukupi dalam menghasilakan suatu solusi.array dua dimensi sebenarnya adalah array yang berisi array. 2.#include Main(){ Int x,y; Cout<<”1.single player\n”; Cout<<”2.Multiplayer\n”; Cout<<”\nSelec Game:”; Cin>>x; Switch(x){ Case1: Cout<<”\nSingle player”; Break; Cae2: Cout<<”\nMultiplayer”; Cout<<”\nNumber of Player:”; Cin>>y; For(int i=1;i<=y;++i){ Cout<<”\nPlayer”< Break;} Retrunt !0; } LA 1.program 1 -output 1-10 mengunakan for #include Main() { Int n; Cout<<”Masukan Angka:”; Cin>>n; For(int i=1;i<=;++i) { Cout< } Cout<<”stop”; } -output 1-10 mengunakan while #includ